header

Keren, Ternyata Inilah Manfaat Humor untuk Kesehatan

Sabtu 29-01-2022 / 08:40 WIB


Keren, Ternyata Inilah Manfaat Humor untuk Kesehatan

Bayangkan jika hidup ini tidak ada tawa yang menyertai. Tentu tidak berwarna, membosankan dan flat sekali. Disinilah terkadang justru humor itu dibutuhkan. Apapun jenis lelucon yang digunakan, yang itu membuat seseorang tertawa bahagia, maka kita dapat menyebarkan kebahagiaan didunia ini.

Namun tetap saja membuat lelucon sendiri terdapat etika didalamnya, jangan sampai justru hal tersebut menyakiti hati orang lain. Keren, ternyata inilah manfaat humor untuk kesehatan :

Baca juga: Keren Banget, 8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan Paling Hits dan Menarik untuk Dikunjungi

Humor dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat humor yang pertama adalah humor dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Ini berdasarkan studi yang dipimpin oleh Lee Berk dan Stanley A Tan dari Loma Linda University, dari studi tersebut ditemukan bahwa ditemukan dua hormon yang meningkat  yakni Beta Endorfin (Untuk mengurangi Depresi) meningkat 27%  dan Human Growth Hormone (yang membantu Kekebalan tubuh) meningkat 87%  ketika seseorang menonton video lucu.

Ketika kita tertawa selama 10 menit lamanya, itu juga akan menurunkan 10-20 mm tekanan darah dan saat itu akan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan jumlah limfosit yang diproduksinya.

Baca juga: Kaya Manfaat, Inilah 4 Fakta Menarik tentang Vitamin C

Humor Baik untuk Pernafasan dan Pencernaan

Manfaat humor selanjutnya adalah humor baik untuk pernafasan dan pencernaan karena humor menimbulkan tawa, sedangkan tertawa juga merupakan latihan yang baik untuk pernafasan, perut, punggung kaki dan otot-otot wajah.

Selain itu juga memperlancar fungsi usus, memperkuat otot perut dan lain sebagainya. Tertawa juga membantu membakar kalori dan itu bermanfaat untuk menurunkan berat badan (Bagi yang ingin mengurangi berat badan).

Baca juga: Adegan Mesra Anya Geraldine Jadi Viral, Begini Reaksi Pacar

Humor dapat Mengurangi Rasa Sakit

Ternyata humor juga dapat mengurangi rasa sakit. DR Elias Shay, kepala psikiatri dari Good Samaritan Hospital di Baltimore, beliau mengungkapkan bahwasanya dengan seseorang menonton komedi atau terlibat dalam sebuah lelucon, itu bisa mengurangi rasa sakit yang seseorang.

Selain itu, seseorang yang mendapatkan humor setelah operasi, itu dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi potensi pemberian obat.  

***

TAG:
Sumber: