header

Kamu Harus Tahu, Inilah Ketrampilan yang Sebaiknya Dimiliki oleh Seorang Pemimpin

Jumat 21-01-2022 / 11:46 WIB


Kamu Harus Tahu,  Inilah Ketrampilan yang Sebaiknya Dimiliki oleh Seorang Pemimpin

Menjadi pemimpin yang hebat, bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa sifat dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk mnejadi pemimpin yang hebat. Itu sangat baik untuk kita pelajari dan pahami.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, berikut ini adalah ketrampilan yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pemimpin :  

1. Dapat Bernegosiasi dengan Baik

Negosiasi yang baik adalah suatu ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin karena hampir setiap keperluan dan kepentingan membutuhkan negosiasi. Entah itu negosiasi dengan pegawai, bawahan, tim, atasan dan lain sebagainya.

Untuk menemukan solusi Win-Win, mengambil keputusan dengan bijaksana dan merangkul semuanya, kita membutuhkan ketrampilan negosiasi.

2. Mampu Mendengar dengan Baik

Menjadi pemimpin artinya harus melayani dengan baik, untuk melayani customer dan masyarakat dengan baik, seorang pemimpin harus tahu kebutuhan dan keinginan mereka. Pemimpin yang mudah menyalahkan dan menghakimi bawahannya tentu berbahaya. Bisa-bisa bawahan akan lari darinya dan keberatan dengan pekerjaannya.

Pemimpin sebaiknya memiliki skill dimana ia harus mampu menjadi pendengar yang baik, lalu dapat bekerja dengan lebih baik.

3. Tegas dan Bijaksana

Menjadi tegas dan bijaksana memang membutuhkan proses, tapi tentu saja ini dapat dilatih secara bertahap. Seorang pemimpin harus tegas, agar tidak terombang-ambing dan dikendalikan oleh orang lain. Tegas bukan berarti kasar, karena seseorang juga harus bijaksana dalam memahami dan mengatasi segala hal.

4. Mampu Mengambil Keputusan, Sesulit Apapun Keadaannya

Tidak semua orang ahli dalam membuat suatu keputusan. Ada juga yang harus membutuhkan pertimbangan banyak sekali hal. Seorang pemimpin harus bisa mengambil keputusan yang sekiranya baik untuk organisasi, instansi maupun masyarakat. Bahkan dalam sesulit apapun keadaan.

5. Disiplin dan Tidak Egois

Seorang pemimpin harus disiplin dan bisa menjadi teladan yang baik untuk yang lainnya. Datang tepat waktu, Tidak mudah marah, tidak hanya mementingkan dirinya sendiri, berusaha mencapai deadline pekerjaan dan lain sebagainya. Jika pemimpinnya saja tidak disiplin, maka yang lainnya akan lebih kacau.

Sumber:

BERITA TERKAIT