Manfaat Donor Darah Untuk Kamu dan Orang Lain

oleh

Hidup itu harus Take and Give. Sayangnya banyak orang berpendapat bahwa memberi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang kaya. Padahal memberi bukan hanya soal uang. Donor darah adalah salah satu bentuk memberi.

Sayangnya, masih banyak yang enggan untuk mendonorkan darah dengan alasan takut disuntik ataupun takut menjadi lemas. Padahal donor darah tidaklah sebegitu menakutkan. Percayalah, rasa sakit dan lelah hanya akan terasa sesaat. Saat kamu membuang jauh rasa takut itu dan memberanikan diri untuk mendonorkan darah, sejatinya kamu akan segera mendapatkan banyak manfaat setelah melakukannya, seperti berikut ini.
Membakar kalori

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa proses pendonoran darah mampu membakar kalori yang menumpuk di dalam tubuh. Jadi, kamu yang ingin menjaga berat badan bisa mendapatkannya dengan mendonorkan darah. Namun perlu diingat, donor darah hanya dapat dilakukan tiga bulan sekali dan berat badanmu harus minimal 45 kg.

Terhindar dari penyakit jantung

Jumlah zat besi yang berlebihan dapat mempercepat pembentukan kolesterol yang berpeluang menyebabkan penyakit jantung. Namun kamu bisa mengontrolnya dengan rutin mendonorkan darah.

Regenerasi sel darah secara rutin

Jika kamu konsisten mendonorkan darah, sel darah merah akan melakukan regenerasi 48 jam setelah donor darah. Selama itu, darah akan berganti dengan yang baru. Dengan demikian, tubuh akan lebih sehat, segar, dan kamu pun bisa melakukan aktivitas produktif dengan lancar.

Pikiran lebih stabil

Tahukah kamu bahwa rutin mendonorkan darah bisa membuat pikiran tetap stabil? Memang begitulah faktanya. Saat kamu mendonorkan darah, kamu akan merasa bahagia dan damai.

Pemeriksaan gratis

Mendonorkan darah juga bisa menjadi pemeriksaan kesehatan. Saat darahmu sudah ada di kantong darah dan diuji di laboratorium, tim medis akan memeriksa, apakah kamu menderita penyakit tertentu atau tidak. Jika darahmu terhindar dari penyakit, itu berarti darahmu bisa disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. Namun jika sebaliknya, tim medis akan memberitahu perihal apa yang terjadi dengan kesehatanmu.

Terbiasa hidup sehat

Jika kamu memang berniat untuk menjadi pendonor tetap, kamu harus memenuhi kriteria pendonor, yaitu hidup sehat. Untuk itu kamu harus menjaga pola tidur, mengurangi konsumsi alkohol, rokok, obat kimia, dan lain sebagainya adalah contoh beberapa pola hidup sehat yang harus kamu terapkan.

Menjadi lansia yang sehat

Saat mendengar kata lansia, mungkin yang terpikir olehmu adalah sosok yang tua renta dan sulit beraktivitas. Padahal tidak semua lansia demikian. Datangilah taman-taman yang memiliki jogging track dan arena olahraga, kamu pasti akan menjumpai sejumlah lansia yang asyik berolahraga.