Home GAYA HIDUP Pasaraya Holi Festival of Colors Kenalkan Budaya India

Pasaraya Holi Festival of Colors Kenalkan Budaya India

0
0

Kabarseleb.id -Dalam agama Hindu ada sebuah festival yang dikenal dengan Holi Of Colors. Festival budaya tersebut digelar untuk mengawali musim semi, dan itu cukup diminati dan menarik wisatawan mancanegara untuk menyambangi Negeri Bollywood itu.

Dalam Festival Holi, warga India akan bernyanyi, menari, melompat, bermain air dan yang paling menarik adalah saling melempar serbuk warna-warni. Dan itu telah berlangsung selama ratusan tahun.

Festival tersebut merupakan momentum sukacita untuk berkumpul dengan keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat tanpa adanya perbedaan kasta sambil melemparkan serbuk warna warni. Masing-masing warna serbuk memiliki arti berbeda yang semuanya berkaitan dengan beragam unsur keagamaan, budaya, dan mitologi.

Warna biru melambangkan perdamaian, cinta dan surga. Kuning melambangkan kemakmuran dan perdagangan. Hijau berkaitan dengan alam, yaitu kesuburan dan kebahagiaan. Merah melambangkan perayaan, kehidupan dan pernikahan.
Akhir Maret 2019 lalu, festival tersebut digelar di Indonesia, acara dengan tema “HOLI Festival of Colors” yang berlangsung di PASARAYA Blok M. Pengunjung pun kagum dengan Festival Budaya India itu. Sebab ada beberapa kegiatan yang dilakukan, mulai India Fashion Bazaar, India Accessories & Handicraft, kuliner, kosmetik, dan Henna Art Competition dengan tema ‘White Henna Mandala Wedding Design’ yang diikuti lebih dari 60 peserta wanita.

Pada puncak perayaan “HOLI Festival of Colors” serangkaian kompetisi digelar. Seperti Face Painting Competition, Mural Competition, Kids Coloring & Drawing Competition, dan Yoga Healthy Life. Sore hari, pengujung dihibur oleh penampilan Bollywood Dancers, Dhol Performance (alat tabuh India) dan Indian DJ Live Show yang mengiringi HOLI Party (pesta lempar serbuk warna-warni) yang diikuti sekitar 150 anak muda.

“Perayaan ini unik, seru dan meriah penuh warna-warni. Bisa diikuti oleh siapapun tanpa batasan usia. Seperti yang kita ketahui bahwa India memiliki banyak ragam budaya dan tradisi yang amat menarik. Di Indonesia sendiri, warga (keturunan) India cukup banyak dan komunitasnya pun juga tidak sedikit jumlahnya. Ini menjadi potensi dimana acara festival dengan konsep (budaya) India dalam skala besar belum banyak atau (bahkan) nyaris belum pernah ada. Dan PASARAYA The Pride of Indonesia menjadi pusat perbelanjaan yang pertama menggelar HOLI Festival of Colors ini” kata Patricia Veronica, Head of Department – Marketing Communication PASARAYA.

“Dalam festival ini, kami mengajak semua masyarakat bersenang-senang menikmati kemeriahan warna-warni yang penuh makna kehidupan melalui aksi seru saling lempar serbuk warna-warni ke orang yang ada di depannya” tutup Patty.

Load More Related Articles
Load More By Ferdi Embun Pagi
Load More In GAYA HIDUP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pamit Dari Dunia Hiburan, Raffi Ahmad Gelar Konser “KUY! Music Festival”

Kabarseleb.id – Presenter Raffi Ahmad mengungkapkan fakta yang mencengangkan. Suami …