Home KOMUNITAS Hormati Lansia, Iluni FKUI 93 dan Pergemi Gelar Senior Citizen Expo

Hormati Lansia, Iluni FKUI 93 dan Pergemi Gelar Senior Citizen Expo

0
0

Kabar Seleb – Berangkat dari kurangnya kesadaran masyarakat dan pemerintah dalam menghargai warga senior (senior citizen). Terbukti dari minimnya fasilitas publik dan layanan kesehatan yang ramah bagi senior citizen.

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) 1993 bekerjasama dengan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) rencananya akan menggelar untuk kali pertama Senior Citizen Expo yang akan diselenggarakan Oktober 2018.

“Masyarakat harus dibangunkan antara yang muda dan tua itu harus kuat. Budaya menghargai lansia harus ditanamkan sedini mungkin agar tak ada gap lagi. Itu juga harus ditunjang dengan kebijakan di tingkat pemerintah,” ucap Ketua PB PERGEMI, Prof.Dr.dr Siti Setiati, SpPD, KGer, MEpid di kawasan Cikini, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Menurut Prof. Siti, permasalahan antara warga senior ini sudah sepatutnya menjadi masalah yang harus diperhatikan oleh semua pihak. Bukan hanya mereka yang bekerja di bidang kesehatan saja, tetapi semua bidang ikut memperhatikan ini.

“Semisal masalah fasilitas transportasi bagi lansia, itu kan harusnya ada peran serta dari Kementrian Perhubungan untuk memudahkan mereka naik bus atau kereta. Mall-mall yang ada, tak membuat nyaman para lansia, karena kamar mandinya licin bisa membahayakan keselamatan,” katanya.

Makanya Prof. Siti berharap hal paling mendasar dari masalah ini adalah perubahan cara berpikir dari tingkat sekolah. Makanya, nantinya hasil dari acara Senior Citizen Expo 2018 ini akan direkomendasikan ke pemerintah.

“Kita berharap ada rekomendasi ke pemerintah. Makanya kita mulai dari industri pendidikan dulu. Ubah mindset kita,” katanya.

Menurut ketua penyelenggara The 1st Senioe Citizen Wxpo 2018, de Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, rangkaian awal kegiatan ini akan dimulai bulan Juli 2018. Dengan menyelenggarakan jalan sehat dan berolahraga bersama keluarga yang mengajak serta nenek dan kakeknya ke Silang Monas, Jakarta Pusat.

“Kegiatan puncaknya adalah ‘The Ist Senior Citizen Expo 2018 yang akan digelar pada Oktober 2018. Ini kegiatan pertama kali di Indonesia yang digelar untuk membangun kepedulian masyarakat terhadap warga senior untuk menuju gerakan ‘Indonesia Ramah Lansia’,” kata Edy di tempat yang sama.

(Ferdi/KS)

Load More Related Articles
Load More By Ferdi Embun Pagi
Load More In KOMUNITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berbuat Baik Bulan Ramadan, Tiga Penyanyi Ini Berbagi Di Panti Asuhan

Kabarseleb.id – Dibulan Ramadan yang penuh berkah ini masyarakat berlomba-lomba berb…